Pemda jamin Kesehatan Masyarakat, Dinkes Serta RSUD di Minta Untuk Terus Tingkatkan Mutu Pelayanan

RSUD Kabupaten Natuna di Jalan Ali Murtopo Ranai

Natuna, Poroskepri.com – Pemerintah Kabupaten Natuna terus berupaya maksimalkan mutu pelayanan khususnya di Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Natuna. Sebagai buktinya hingga saat ini peningkatan layanan di RSUD Natuna terus dilakukan

Sesuai dengan apa yang sering disampaikan Bupati Natuna Wan Siswandi dan Wakil Bupati Natuna Rodial Huda, bahwa pelayanan kesehatan masyarakat itu merupakan wajah dari Pemerintah Daerah.

Bentuk komitmennya kata Direktur RSUD Natuna, dr Ari Fajarudin, Pemda Natuna menjamin kesehatan setiap masyarakatnya.

“Semua masyarakat yang memiliki KTP Natuna, kesehatannya ditanggung oleh pemerintah daerah,” jelas dr. Ari Fajarudin saat dikonformasi media poroskepri.com, Jum’at (6/9/2024) di ruangan kerjanya.

Lanjutnya, meskipun proses untuk meningkatkan status rumah sakit dari tipe C membutuhkan proses yang panjang, namun Bupati dan Wakli Bupati Natuna tetap mengintruksikan bahwa pelayanan di RSUD Natuna itu harus sama dengan RSUD ditingkat Provinsi.

“Untuk saat ini, misalkan kalau kita mau kasih rujukan pasien, kita sudah tau harus merujuk ke dokter mana. Dan medispun sudah tau, tindakan apa yang akan dilakukannya,” jelas dr Ari Fajarudin.

Selain itu, Pemda, Dinkes serta RSUD Natuna juga memperluas layanan KJSU (Kanker, Jantung, Saraf dan Uronefrologi).

“Itu yang dikejar pemda kemaren, Alhamdulillah dalam satu tahun ini kita sudah miliki dokter jantung. Kalau dokter untuk penyakit kanker sudah ada, dokter saraf juga sudah ada. Yang terbaru itu yang untuk rekam medis,” ucap dr Ari.

Selanjutnya dr. Ari, menyampaikan beberapa poin layanan lainya yang telah dilakukan oleh RSUD Natuna diantaranya, pertama layanan Hemodealisa (HD) yang disubsidi penuh oleh Pemda, kedua mendatangkan CT scan 64 slide yang saat ini sangat membantu dalam diagnosis pasien.

Ketiga meningkatkan layanan kamar operasi, dimana untuk sekarang ini sudah berstandar Modular Operating Theatre (MOT).

Keempat memberikan beasiswa Kemenkes atas rekomendasi Pemerintah Daerah yaitu untuk dokter – dokter PNS yang mengambil spesialis, seperti spesialis jantung, jiwa dan obgyn.

Kelima memberikan fasilitas mobil dinas untuk dokter spesialis, keenam memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat Natuna

Ketujuh meningkat sarana prasarana seperti tempat tidur, USG, mobil ambulance serta mobil jenazah.

Dan pada saat ini, Pemda Natuna juga menambah bangunan baru di RSUD Natuna, dimana bangunan tersebut diperuntukan untuk poli rawat jalan.

Laporan : Mon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *