Bupati Wan Siswandi Serahkan Alat Bantu Tangkap Kepada Nelayan di Pulau Tiga

Natuna, Poroskepri.com – Bupati Kabupaten Natuna, Wan Siswandi serahkan secara langsung bantuan untuk nelayan, yakni alat bantu tangkap serta beberapa peralatan pendukung tangkap lainnya, di Kantor Camat Pulau Tiga, Desa Sabang Mawang Barat, Kamis (29/8/2024).

Adapun rincian bantuan yang diserahkan diantaranya adalah, alat tangkap ikan sebanyak 18 unit rawai, alat bantu penangkap ikan berupa Fish Finder sebanyak 18 unit, Radio 18 unit, Tenaga Surya 21 unit dan Fiber Box 45 unit. Semuanya diperuntukan kepada 3 Kelompok Nelayan.

Bupati Natuna, Wan Siswandi dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya bantuan dari pemerintah ini, dirinya berharap dapat memberikan banyak manfaat bagi para nelayan dalam bekerja.

Untuk itu lanjut Wan Siswandi, para nelayan hendaknya dapat menjaga dengan baik peralatan-peralatan yang telah di berikan pemerintah sehingga dapat dipergunakan secara berkesinambungan.

“Kami dari Pemda menyadari dan memahami beberapa masyarakat Natuna tinggal di daerah pesisir dan berprofesi nelayan, untuk itu kami akan mencoba secara pelan-pelan untuk memenuhi kebutuhan para nelayan yang ada di Natuna,” ucap Bupati Siswandi.

Bupati Siswandi juga menyebutkan bahwa bantuan ini diberikan, salah satunya untuk mendorong produktifitas para nelayan.

Dirinya mengakui, pekerjaan melaut dan sebagainya (nelayan) merupakan mata pencaharian bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat yang berada di wilayah pulau-pulau. Dan sekaligus menjadi tulang punggung perekonomian disektor perikanan.

“Nelayan adalah pahlawan pangan yang berjasa dalam menyediakan protein bagi masyarakat. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita membantu mereka untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan dan kesejahteraan mereka,” ujarnya.

Selain itu bantuan perikanan ini tentunya dapat memberikan semangat baru dan peluang pengembangan usaha penangkapan ikan bagi para nelayan di Natuna.

“Pemerintah berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada para nelayan agar dapat meningkatkan hasil tangkapan dan pendapatan bapak-bapak semua,” tutupnya.

Sementara Camat Pulau Tiga, Wan Effendi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah memberikan perhatian kepada para nelayan di Kecamatan Pulau Tiga.

“Tentunya bantuan alat perikanan ini akan memberikan energi baru pak, bagi nelayan-nelayan kami yang ada di Kecamatan Pulau Tiga dan kami juga percaya bahwa dengan bantuan ini tentunya akan berdampak pada peningkatan perekonomian nelayan,” ucapnya

Lebih lanjut, Wan Effendi menjelaskan Bantuan perikanan ini akan diserahkan kepada tiga kelompok nelayan yang ada di Kecamatan Pulau Tiga.

“Ada KUB Serumpun Hilir Desa Sabang Mawang, KUB Berkah Bersama Desa Tanjung Batang dan KUB Nelayan Sinar Laut Desa Sededap,” jelasnya.

Sementara salah satu penerima bantuan dari Kelompok Nelayan Sinar Laut Desa Sededap, Amir Hamzah tak bisa berhenti mengucapkan terimakasih atas kepedulian pemerintah terhadap nelayan-nelayan yang ada di Natuna.

“Terima kasih pemerintah pusat, terimakasih pak Bupati atas bantuan yang diberikan pada hari ini,” ujarnya.

Sebagai salah satu nelayan yang menggantungkan kehidupan kepada hasil laut, Amir Hamzah menyebutkan bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini tentunya sangat membantu mereka dalam bekerja nantinya.

“Semoga bantuan-bantuan seperti ini bisa berkelanjutan, karena hari ini pemerintah sudah memberikan bantuan alat bantu tangkap semoga ke depan ada juga bantuan untuk perbaikan alat transportasi kami melaut,” tutupnya.

Laoran : Mon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *