Bupati Natuna Terus Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Kadinkes Sebut Sekarang Ini Semua Puskesmas Sudah Miliki Ambulance

Bupati Natuna, Wan Siswandi saat menyerhkan 1 unit ambulan untuk puskesmas Sedanau, Rabu 28 Agustus 2024. Foto : istimewa

Natuna – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Selain menyediakan ambulance untuk setiap puskesmas, tentunya Pemkab Natuna juga terus berupaya melengkapi sarana dan prasarana kesehatan lainnya.

Dan pada hari ini Rabu 28 Agustus 2024, dalam rangka kunjungan kerja Bupati Natuna Wan Siswandi ke Kecamatan Bunguran Barat, dirinya langsung menyerahkan satu unit ambulance untuk puskesmas Sedanau.

Didampingi Ketua TP PKK Natuna, Septi Dwiani Siswandi dan beberapa kepala OPD Pemkab Natuna. Wan siswandi mengatakan penyerahan ambulan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Disamping itu Pemkab Natuna juga berikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat.

Lanjutnya, ada 8 unit mobil ambulance, 7 unit untuk puskesmas di kecamatan dan 1 unit untuk rumah singgah di Batam, dimana penyerahannya sudah dilakukannya beberapa waktu yang lalu.

“Saya hanya ingin masyarakat yang sakit dapat pelayanan kesehatan yang baik serta nyaman. Dan ambulance di rumah singgah Batam itu, mudahan dapat meringankan beban pasien Natuna yang dirujuk ke rumah sakit di Batam,” ungkap Wan Siswandi.

Wan Siswandi menerangkan, 8 mobil ambulance tersebut berasal dari APBD 2 unit, dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 6 unit.

Yang dari Kemenkes tersebut kata Wan Siswandi, hasil dari usulanPemerintah Daerah Kabupaten Natuna pada tahun 2023.

“Dengan anggaran yang minim, saya bersama Pak Wakil Bupati mengakalinya dengan memohon ke Kementerian terkait, agar pelayan kesehatan dapat merata di setiap kecamatan,” ungkap Wan Siswandi.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah, bahwa 8 unit mobil ambulance tersebut, 2 dari APBD Natuna tahun 2024, dengan peruntukan 1 unit untuk Puskesmas Pulau Tiga Barat, dan 1 unitnya lagi untuk Rumah Singgah bagi pasien Natuna di Batam.

Lanjut Hikmat, untuk 6 mobil Ambulance dari Kemenkes, diperuntukan untuk Puskesmas Sedanau 2 unit, Puskesmas Bunguran Tengah 2 unit, dan 2 unit untuk Puskesmas Kelarik.

“Namun atas kebijakan Pak Bupati, kami diperintahkan untuk membagikan satu puskesmas 1 unit saja, yang 3 unit pak bupati minta untuk dipinjam pakaikan buat puskesmas Midai dan Suak Midai serta Subi. Hal itu hanya menjelang usulan dari Kemenkes terealisasi untuk seluruh Puskesmas yang ada,” terang Hikmat.

Hikmat juga menambahkan, kebijakan Bupati ini dilakukan untuk pemerataan pelayanan kesehatan masyarakat di setiap kecamatan.

“Jadi sekarang ini semua puskesmas sudah miliki ambulance,” pungkasnya.

Laporan : Mon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *