Danlantamal IV Pimpin Peringatan Hari Jadi TNI AL ke-73

Tanjungpinang – Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, SE, MM memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi TNI AL ke-73 di Lapangan Mako Lantamal lV, Senin (10/9/2018).

Upacara dihadiri para pejabat utama Lantamal IV, Karumkital Dr. Midiyato Suratani, Komandan Wing Udara 2, Komandan Lanudal Tanjungpinang serta diikuti seluruh personel baik dari Perwira, Bintara dan Tamtama. Ikut serta juga Pegawai Negeri Sipil dan Purnawiran TNI AL serta Pramuka Saka Bahari.

Pada amanat tertulis dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE, MM, disampaikan bahwa pelaksanaan upacara ini memiliki arti penting. Karena fakta sejarah pada 10 September 1945 merupakan tonggak berdirinya TNI Angkatan Laut.

Amanat itu juga mengatakan, perkembangan lingkungan strategis yang dinamis, saat ini memilki implikasi yang cukup signifikan dalam pertahanan negara. Kecenderungan lingkungan strategis semakin sulit diprediksi kerena ketidakteraturan dan ketidakstabilan.

Melalui amanat itu juga di ingatkan, ada dinamika yang perlu dicermati dalam kurun waktu lima tahun kedepan. Diantaranya, pertumbuhan ekonomi yang berimplikasi pada perkembangan kekuatan militer, khususnya di kawasan Asia Pasifik.

Selain itu, dinamika ini sangat mempengaruhi pola dan bentuk ancaman yang semakin kompleks dan mulitidimensional, berupa ancaman militer, ancaman non militer dan ancaman hibrida yang dapat dikategorikan dalam bentuk ancaman nyata dan belum nyata.

“Oleh karena itu, menjadi TNI Angkatan Laut yang professional  dan mendukung Alutsista modern merupakan keniscayaan untuk menghadapi dinamika ancaman tersebut,” kata amanat yang dibacakan.

Dalam upacara tersebut, Danlantamal IV juga menyematkan dan memberikan piagam tanda jasa Satya Lencana Kesetiaan 8, 16 dan 24 tahun kepada tiga orang perwakilan personel dari Lantamal IV berpangkat Tamtama dan Bintara.

Sebelum pelaksanaan upacara, Danlantamal IV memimpin ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bakti Tanjungpinang yang diawali dengan peletakan karangan bunga. Danlantamal IV bersama peziarah mengheningkan cipta dan mendoakan para pahlawan terdahulu.

Sumber: Penerangan

Editor: Dwa/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *