DKP Kepri Dorong Masyarakat Optimalisasi Sumber Daya Kelautan

Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, Ulia Fachmi

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terus berupaya untuk mendorong optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan yang dimiliki. Perihal ini tentunya untuk meningkatkan pendapatan yang mengarah kepada kesejahteraan masyarakat.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, Ulia Fachmi, mengatakan bahwa pihaknya terus mendorong pemanfatan sumber daya dan potensi yang yang dimiliki, sebagaimana yang menjadi kewenangannya.

“Khususnya dalam pemanfaatan pengelolaan perikanan tangkap, perikanan budidaya dan pengolahan yang sangat berpotensi di Kepri ini,” kata Ulia Fachmi dalam salah satu kegiatan Dialog di Tanjungpinang, Rabu (3/7/24).

Menurutnya, Dinas Kelautan dan Perikanan bertanggung jawab terhadap pengelolaan pemanfaatan sumber daya kelautan perikanan, khususnya yang sesuai dengan kewenangan di dalam Undang-undang 23 Tahun 2014. Dimana materi perundangan itu menegaskan wilayahnya di bawah 12 mil.

“Dan memang selama ini kita sudah mendorong pemanfaatan sumber daya dan potensi yang memang menjadi pekerjaan kita,” jelasnya.

Bahkan pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait untuk mengoptimalkan potensi-potensi kelautan dan perikanan yang ada di Kepri. Apalagi Kepri dengan 96 persennya merupakan wilayah perairan tentunya memiliki potensi yang cukup luara biasa.

Sehingga perlu pemanfaatan yang sepsifik dari seluruh aspek-aspek potensi yang ada di perairan Kepri. Karena selama ini dinilai sudah terlena, sehingga pemanfaatannya belum optimal.

Sumber: Sekretariat DKP Kepri
Editor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *