Berupaya Naikan Tipe Dinas, Tim Diskominfo Natuna Studi Banding ke Diskominfo Kota Bandung

Foto (istimewa)

Natuna, Poroskepri.com – Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Kabupaten Natuna, Ikhwan Sholihin beserta tim tengah berupaya menaikan tipe dinas Diskominfo Natuna dari tipe-C ke tipe-B.

Salah satu langkah yang lakukan adalah melaksanakan studi banding ke Diskominfo Kota Bandung. Dimana kegiatan tersebut sudah berlangsung dari semalam, Selasa (17/9/2024) dan dijadwalkan berakhir pada hari ini Rabu (18/9/2024). Giat dilaksanakan di ruang rapat Bandung Command Center (BCC) Diskominfo Kota Bandung, Balai Kota Bandung.

Pada saat kedatangan Tim dari Diskominfo Natuna yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas, Ikhwan Solihin disambut oleh Kepala Seksi Penguatan Keterbukaan Informasi Publik Diskominfo Kota Bandung, Yusuf Cahyadi.

Dari Natuna, Ikhwan Sholihin didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskoninfo Natuna, Kevin Khahar, dan Kasubag Perencanaan dan Keuangan Diskominfo Natuna Leha Muslihawati serta tiga staf dari Diskominfo Kabupaten Natuna lainnya.

Pada hari pertama kegiatan studi banding, Selasa 17 September 2024, Ikhwan Solihin berharap kepada Diskominfo Kota Bandung untuk dapat berbagi pengalaman mengenai keorganisasian yang ada di Diskominfo Kota Bandung.

Lanjut Sholihin biasa dikenal, dimana saat ini Diskominfo Kota Bandung dapat dijadikan contoh atau dijadikan referensi dalam peningkatan keorganisasian yang ada di Diskominfo Kabupaten Natuna.

Dirinya mengungkapkan saat ini Diskominfo Kabupaten Natuna tengah berusaha meningkatkan status tipe dinas yang dipimpinnya dari tipe-C ke tipe-B.

Diskominfo Natuna tipe-C itu, lanjut Solihin lagi, yaitu dinas yang baru memiliki dua bidang saja yakni Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik serta Bidang e-Government.

Oleh karena itu, menurutnya diperlukan sebuah referensi dan kajian yang komprehensif dalam rangka mewujudkan peningkatan status tipe dinas tersebut yang dimana Diskominfo Kota Bandung dirasakannya sangat cocok untuk dijadikan referensi karena saat ini status tipe dinasnya sudah bertipe “A” yaitu terdiri dari lima bidang.

Selain itu Diskominfo Natuna juga sedang berusaha meningkatkan kualitas pelayanan keterbukaan informasi yaitu Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pelayanan informasi publik di badan publik yang di mana saat ini Diskominfo Kota Bandung dapat dijadikan referensi juga. Karena Diskominfo Kota Bandung berhasil mendapatkan juara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik sembilan kali berturut-turut.

Dirinya sangat berharap dengan kunjungannya ke Diskominfo Kota Bandung ini dapat menjadi rujukan serta dapat mengadopsi inovasi-inovasi pelayanan yang ada di Diskominfo Kota Bandung untuk diterapkan di Kabupaten Natuna kelak.

Selain masalah keorganisasian dan pelayanan keterbukaan informasi dirinya juga mengenalkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Natuna yang di mana saat ini Natuna memiliki taman bumi berupa hamparan batu-batu granit yang tersebar didelapan tempat yang telah diakui secara nasional dan sedang diajukan menjadi UNESCO Global Geoparks serta keragaman hayati dan fauna endemik yang ada di Kabupaten Natuna.

Kemudian Kepala Seksi Penguatan Keterbukaan Informasi Publik Diskominfo Kota Bandung, Yusuf Cahyadi, ketika menanggapi maksud dan tujuan kedatangan Diskominfo Kabupaten Natuna, dirinya menyambut dengan baik apa yang telah dipaparkan.

Yusuf Cahyadi, siap memberikan referensi-refensi terkait keorganisasian dan juga bentuk pelayanan-pelayanan informasi kepada masyarakat.

Selanjutnya pada hari keduanya, Rabu (18/9/2024) bertempat di Ruang Pemantau Bandung Command Center (BBC) Kepala Seksi Penguatan Keterbukaan Informasi Publik, Yusuf Cahyadi mengenalkan fasilitas Bandung Command Center (BCC) yang merupakan salah satu upaya menjadikan Bandung sebagai kota cerdas (smart city) berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Menurutnya, Bandung Command Center (BCC) adalah tonggak penting dalam perjalanan Kota Bandung menuju smart city. Dengan teknologi canggih dan sistem pemantauan yang terintegrasi, BCC membantu meningkatkan efisiensi pemerintahan dan kualitas pelayanan publik.

Di dalamnya terdapat aplikasi yang bisa memonitor situasi Kota Bandung secara terkini seperti situasi dan kondisi kemacetan lalu lintas yang terjadi, hingga apabila ada banjir dapat dilakukan pengawasan dan penyebaran informasi secara real time kemudian juga terdapat data harga sembako terbaru, data cuaca, peta, video feed, special vehicles location, video analisis, dan pantauan CCTV yang dipasang di sudut-sudut kota.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *