Jaga Kualitas Produk Olahan Perikanan, DKP Kepri Lakukan Pengawasan Berkala di Pasar

Petugas UPTD BPMP2KP Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri saat pengawasan di salah satu pasar tradisional di Kota Batam

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berkomitmen untuk menjaga kualitas dan mutu produk kelautan dan perikanan di Kepulauan Riau. Diantaranya adalah memastikan produk olahan hasil tangkapan nelayan harus aman dan layak di konsumsi masyarakat.

Sebagai wujud dari komitmen tersebut, pihak DKP melalui UPTD Balai Pengujian Mutu dan Pengembangan Produk Kelautan dan Perikanan (BPMP2KP) terus melakukan pengawasan dan monitoring mutu di pasar tradisional pada unit pengolahan ikan. Salah satunya yang ada di Kota Batam.

“Ini sesuai amanah yang ada di Peraturan Gubernur No.77 Tahun 2021. UPTD BPMP2KP mempunyai Tugas dan Fungsi untuk memastikan produk produk dimaksud aman dikonsumsi masyarakat,” kata kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri, Sri Gusti Andalina, S.Pi, saat melaksanakan kegiatan, Selasa (9/7/24).

Sri Gusti mengatakan, pihaknya telah melakukan pengambilan contoh produk olahan yang biasa dikonsumsi masyarakat di beberapa tempat. Agenda ini merupakan rutinitas secara berkala dan berkesinambungan, yang bertujuan guna menguji contoh produk olahan.

“Sample yang telah diambil guna memastikan mutu dan keamanan hasil perikanan yang akan dikonsumsi masyrakat, dengan memastikan jaminan mutu keamanan hasil perikanan,” jelas Sri Gusti.

Berbagai macam produk olahan perikanan yang beredar di salah satu pasar tradisional di Kota Batam

Menurutnya lagi, pengawasan tersebut juga sesuai dengan amanah Permen KKP No 17 Tahun 2019. Dimana pada lampirannya, bahwa UPI yang telah memiliki SKP agar menjaga hasil produk perikanan dan kelautan yang dikelola tidak tercemar.

“Poin yang diperhatikan berupa pada sanitasinya bebas dari cemaran fisika, biologi dan kimia. Dan semuanya berdasarkan hasil pengujian laboratorium yang terakreditasi KAN,” terang Sri Gusti.

Kegiatan pengawasan dan pengambilan contoh sampel ini, menurut Sri Gusti mendapat respon baik dari pelaku usaha, dengan harapan dapat meningkatkan nilai jual produk olahan. Dukungan dari pelaku usaha ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan Kepri.

Sumber: DKP Kepri

Editor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *