DKP Kepri Serahkan Paket Bantuan Gubernur Ansar Kepada HNSI Anambas

Penyerahan paket bantuan dari Pemprov Kepri kepada nelayan di Anambas

Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas menerima bantuan alat tangkap ikan dari Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau bersama Medco Energi International, Kamis (4/7/24).

Bantuan yang diterima berupa cool box sebanyak 60 unit dan paket pembuatan rumpun laut sebanyak 100 unit yang dibagikan ke nelayan yang berada di 10 Kecamatan.

Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Anambas, Amriansyah mengatakan bantuan yang diberikan sebagai bentuk kepedulian Pemprov Kepri kepada nelayan yang berada di Anambas.

“Kami disini menerima keluhan dari nelayan mengenai kurangnya peralatan untuk menangkap ikan. Kita mengusulkan untuk diberikan bantuan,” ujar Amriansyah.

Nelayan Anambas mayoritas masih menggunakan alat tangkap secara tradisional, sehingga harus perlu diperhatikan dari sisi kesejahteraan.

“Dalam waktu yang akan datang ada lagi bantuan. Sehingga dapat pemerataan bantuan alat tangkap maupun armada tangkap kepada nelayan,” kata Amriyansyah.

Sementaa itu, Ketua HNSI Anambas, Dedi Syahputra menjelaskan setiap tahun nelayan selalu mengusulkan bantuan alat tangkap ikan kepada pemerintah maupun perusahaan yang berada di Anambas.

“Alhamdulillah usulan kita selalu diakomodir. Karena kalau untuk membeli pasti mahal, kita apresiasi kepedulian pemerintah maupun perusahaan. Bantuan alat perikanan ini akan dibagikan ke setiap Desa yang ada di Anambas,” kata Dedi.

Menurut Dedi, keperluan nelayan untuk alat tangkap ikan dari tahun ke tahun sangat banyak. Cukup prihatin bila melihat peralatan yang ada saat ini banyak yang termakan usia sehingga sudah tidak layak lagi dipergunakan.

“Sebenarnya masalah yang ada saat ini, ketika alat tangkap kami rusak pas cuaca tak bagus. Pemerintah harus hadir disaat situasi seperti ini, dan kami akan bersyukur atas kepedulian yang diberikan,” ujar Dedi.

Untuk itu, Didi meyakinkan, pihaknya (HNSI) bersama nelayan yang menerima bantuan berkomitmen untuk tetap menjaga bantuan alat tangkap ikan yang diberikan dan mempergunakan dengan sebaik mungkin.

Sumber: DKP Kepri
Editor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *